INFOGRAFIS

#BukitBarisanButuhAksiKita

Tahukah Kamu Dampak Jika Bukit Barisan Rusak?

Bengkulu diapit oleh dua patahan, yaitu Patahan Mentawai Megathrus dan Patahan Sumatera yang berada disepanjang Pegunungan Bukit Barisan. Bentang Bukit Barisan ini juga terdiri dari tutupan hutan yang memiliki fungsi penting secara ekologis, sekaligus menjadi Sumber bencana Jika salah urus.

Kok Bisa?

Bukit Barisan Tulang Punggung Sumatera

Hutan Sumatera yang membentang di sepanjang pegunungan Bukit Barisan merupakan infrastruktur ekologis yang menjamin keberlanjutan hidup seluruh makhluk. “Tulang Punggung” adalah istilah yang tepat untuk menggambarkan hutan Bukit Barisan. Sama seperti tulang punggung pada tubuh manusia, tulang punggung sumatera menjadi penentu tegak atau robohnya Sumatera. Hutan Bukit Barisan menopang tubuh sumatera.

Hutan Bukit Barisan menjadi sumber air dari seluruh sungai besar yang ada di sumatera. Sungai-sungai yang bermuara ke pantai barat (samudera Hidia) dan pantai timur (selat Malaka). Mengatur tata air, siklus karbon, perlindungan dari kerentanan bencana. Hutan Bukit barisan juga menjadi rumah beragam jenis fauna dan flora. Sayang, hutan bukit Barisan ini sudah di masuki izin-izin konsesi dari beberapa perusahaan berbasis ekstraktif di wilayah administrasi Bengkuku. Kondisi hutan di bengkulu saat ini telah kehilangan tutupannya.

#BukitBarisanButuhAksiKita

Kondisi DAS di Bukit Barisan

Kawasan serap air saat ini telah dibebani izin-izin pertambangan dan perkebunan monokultur skala besar seperti kelapa sawit.

Tidak Heran Jika BENGKLU Kebanjiran!

Meluapnya sungai Bengkulu adalah fakta rusaknya wilayah hulu DAS Air Bengkulu  di Bentang Alam Bukit Barisan akibat aktivitas beberapa perusahaan pertambangan batu bara dan perkebunan skala besar.

 

Bersama!

Kita Selamatkan Bukit Barisan

Bengkulu akan tumbang, karena Bukit Barisan yang selama ini menopang tubuh Sumatera, termasuk Bengkulu semakin keropos, digrogoti oleh penyakit berbahaya, pertambangan. 

Bengkulu Rentan Bencana Hidrometeorologi

Banjir dan Longsor

Deforestasi hutan akibat pertambangan, perkebunan monokultur skala besar dan pembukaan lahan oleh masyarakat akan menyebabkan hutan kehilangan fungsi pengaturan tata air.

#BukitBarisanButuhAksiKita

Apa yang Kita Terima Selain Krisis?

Mengingat pentingnya fungsi Bukit Barisan bagi kehidupan kita, maka sudah seharusnya pemerintah mencabut izin pertambangan yang ada di hutan Bukit Barisan. Sebab, Bukit Barisan bukan untuk pertambangan ataupun perkebunan skala besar. Mengevalusi izin pertambangan yang ada saat ini juga menjadi keharusan bagi pemerintah, terkhususnya yang berada di wilayah hulu DAS, melihat krisis yang harus kita terima.