Bengkulu Dalam PETA

Genesis Bengkulu

percaya bahwa data merupakan salah satu alat advokasi serta kampanye yang harus dimiliki dan dapat diakses oleh publik. Minimnya data serta informasi mengenai perizinan usaha, baik Izin Usaha Pertambangan (IUP) mineral dan batubara (minerba), Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan, Izin Usaha Pemanfaatan Hutan, serta data penunjukan dan penetapan kawasan hutan Provinsi Bengkulu, yang disediakan oleh masing-masing dinas terkait menjadi latar belakang Genesis Bengkulu membangun satu portal yang menyediakan data spasial yang terintegrasi.

Selain menyediakan data spasial mengenai perizinan serta penunjukan dan penetapan kawasan hutan, portal ini juga menyediakan informasi mengenai kawasan penting dan rentan di provinsi Bengkulu. Publik dapat mengetahui kawasan-kawasan rentan bencana, seperti titik patahan sumatera, titik patahan Mentawai-Megathrust, titik likuifaksi, titik gerakan tanah dan lainnya.

Portal ini juga dapat digunakan oleh rakyat Bengkulu untuk mengetahui titik-titik potensi konflik agraria. Belum tersedianya data serta informasi yang terbuka dan terintegrasi membuat rakyat tidak tahu bahwa diatas tanah dan ruang hidupnya telah diterbitkan izin usaha oleh pengurus negara. Hal ini yang kemudian melahirkan konflik agraria dimana-mana. Data serta informasi dalam portal ini dapat menjadi alarm bagi rakyat untuk mempertahankan ruang hidup serta wilayah kelola nya dari ancaman perampasan dalam bentuk izin industri ekstraktif maupun proyek-proyek strategis nasional.

Portal Bengkulu Dalam Peta diharapkan mampu menjadi rumah data dan informasi bagi publik luas, khususnya rakyat Bengkulu.  Pengenalan dan pemahaman atas ruang hidup akan membuat kita mengerti cara memperlakukan tubuh Bengkulu.