PUBLIKASI

BUKU

Merupakan media untuk publikasi informasi dan berbagi pengalaman dan pembelajaran dari riset yang dilakukan oleh Yayasan Genesis Bengkulu.

Kepayang Tanaman ....

Untuk memperoleh 1 Kg Minyak Kepayang dibutuhkan bahan baku sekitar 10 Kg biji Kepayang kering. Dan untuk mendapatkan 1 Kg minyak Kepayang diperlukan biaya produksi termasuk pembelian bahan baku sebesar Rp 65.500.

Hubungan Perkebunan ....

Fenomena Perluasan Lahan Perkebunan Sawit milik Petani secara Mandiri di provinsi Bengkulu, jika tidak ditangani lebih serius oleh Negara, bhwa Petani Sawit Mandiri hanya akan terus menjadi buruh penghasil bahan mentah yang tidak memiliki kepastian.

Penyelamatan Ekosistem ....

Masyarakat berhak atas jasa lingkungan hutan. Masyarakat juga dapat ikut serta melakukan pengawasan dalam upaya penegakan hukum terhadap kejahatan perusakan hutan, serta melakukan kegiatan dalam rangka pencegahannya.

Kekuatan Komunikasi ....

Terbitnya Perda, SK pencabutan izin tambang, studi banding lingkungan oleh DPRD dan peringatan bagi perusahaan pelanggar lingkungan merupakan dampak bagaimana kehadiran Konsorsium Genesis telah membawa perubahan di kabupaten Mukomuko..

KERTAS KEBIJAKAN

Merupakan media untuk publikasi informasi dan berbagi pengalaman dan pembelajaran dari kegiatan yang dilakukan oleh Yayasan Genesis Bengkulu.

12 Perusahaan Menunggangi Pelepasan Kawasan Hutan

Alasan adanya fasum dan fasos, lahan terdegradasi, pemukiman dan wilayah kelola masyarakat dalam usulan pelepasan hutan yang disampaikan gubernur Bengkulu adalah modus operandi untuk mendompleng program TORA pres iden Jokowidodo. Secara sederhana, masyarakat dijadikan legitimasi untuk melepaskan hutan.

Penolakan Pelepasan Kawasan Hutan yang Ditunggangi Korporasi

Pelepasan kawasan hutan Bengkulu
melalui revisi tata ruang terus berlanjut, begitu pula gerakan penolakannya yang dilakukan oleh kelompok masyarakat sipil Bengkulu. Pelepasan kawasan hutan diduga kuat ditunggangi oleh beberapa korporasi dan hanya akan menguntungkan mereka saja.

Dibalik Perubahan Status Hutan Bengkulu

8 Januari lalu. Seluas 53.037,68 hektar hutan Bengkulu diusulakan untuk dilepaskan. Berdasarkan hasil analisis Genesis Bengkulu terhadap usulan tersebut, sebagian besar hutan yang diusulkan untuk dilepaskan telah dibebani oleh izin HGU perkebunan kelapa sawit skala besar dan izin usaha pertambangan.

Miskinnya Rakyat dan Kayanya Hutan

Hanya 8% dari kawasan hutan di Bengkulu, Lampung dan Banten yang memiliki kepastian hukum. Sebanyak 24 perizinan usaha perkebunan
Bengkulu dan Lampung menyebabkan tanah masyarakat menjadi ruang konflik.

INFOGRAFIS

Merupakan media informasi digital tentang pengalaman dan pembelajaran dari kegiatan dan analisis yang dilakukan oleh Yayasan Genesis Bengkulu.

Lihat Lebih Banyak